Senin, 21 November 2011

Twilight Breaking Dawn 1 Cetak Rekor Penonton


REPUBLIKA, LOS ANGELES-- Seri paling akhir franchise film "Twilight Saga"  mengejutkan industri perfilman  akhir pekan lalu, dengan perkiraan penghasilan 139,5 juta dolar AS dari berbagai bioskop Amerika Utara. Film ini  berakhir sebagai film dengan penghasilan tertinggi.
Seri keempat dari film vampir-dan-manusia-srigala tersebut, "The Twilight Saga: Breaking Dawn, Part 1", mengantungi 72 juta dolar AS dari penjualan tiket pada Jumat (18/11), ketika film itu ditayangkan pertama kali di 4.061 lokasi di Amerika Serikat dan Kanada. Itu merupakan Jumat pembukaan terbaik ketiga tahun ini.  Cuma tertinggal oleh "Harry Potter and the Deathly Hallows Part 2" dan "New Moon", demikian data statistik yang dikeluarkan oleh studio tersebut.
Pada Sabtu, film itu mengalami penurunan penghasilan sebesar 43,5 persen, dan "hanya" meraup 40,7 juta dolar AS dari penjualan tiket.
Film yang kedua dari penutup serial vampir tersebut -- yang menampilkan bintang Robert Pattinson, Kristen Stewart dan Taylor Lautner-- diproyeksikan meraih 26,8 juta dolar lagi pada Ahad, atau mendekati penghasilan 140 juta dolar AS selama akhir pekan, demikian perkiraan studio itu.
Itu menandai akhir pekan pembukaan terbaik kelima sepanjang masa, setelah "Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 2", "The Dark Night", "Spider-Man" dan "Twilight Saga: New Moon". Pemasukan serial paling akhir "Twilight Saga" itu hanya terpaut 3,3 juta dolar dari perolehan pendahulunya, "New Moon" --yang ditayangkan perdana pada November 2009.
Namun kritikus film memberi nilai negatif dalam kajian mereka. Film tersebut dinilai  "lamban, sedih dan penuh humor yang tak disengaja", dalam laman kritik Rotten Tomatoes. Hanya 27 persen dari 137 kritikus memberi nilai positif buat film itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar